KAJIAN TERHADAP KINERJA DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN OPERASIONAL HOTEL BALI HYATT

BULETIN STUDI EKONOMI Volume 11 Nomor 1 Tahun 2006
TERAKREDITASI NOMOR: 34/DIKTI/Kep/2003 ISSN 1410-4628


AUTHOR:
I Nyoman Sudharma
Jurusan Manajemen
Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana, Denpasar

ABSTRACT:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur kinerja karyawan operasional secara keseluruhan (Front Office, House Keeping, dan Food & Beverage) untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan signifikan kinerja karyawan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan signifikan kinerja karyawan operasional pada departemen FO, HK, dan FB menurut faktor-faktor yang dinilai serta untuk menentukan pola pengembangan karyawan berdasarkan hasil penilaian kinerja (Performance Appraisal).
Objek penelitian ini adalah karyawan operasional (Rank File) Hotel Bali Hyatt, yang berjumlah 245 karyawan secara purposive. Penelitian ini menggunakan metode statistikdeskriptif dengan teknik analisis uji-t dan one way ANOVA.. Dengan tingkat signifikan yang diterapkan adalah 5 persen. 
Berdasarkan hasil analisis terhadap Performance Appraisal yang terdiri atas 5 faktor dan 12 variabel yang mampu menunjukkan bahwa kinerja karyawan pada bagian operasional secara keseluruhan (Front Office, House Keeping, Food & Beverage) paling tinggi baru mencapai 70 persen (42,00) dari yang diharapkan. Kinerja karyawan operasional pada bagian Front Office, House Keeping, dan Food Beverage, dan kinerja karyawan pada tiap-tiap bagian menurut faktor-faktor yang dinilai adalah memang berbeda nyata. 
Hasil penilaian kinerja karyawan operasional menunjukkan 25 orang ada pada tingkat rata-rata, 115 orang berada di bawah rata-rata, dan 105 orang berada di atas rata-rata. Berdasarkan hal ini rencana pelatihan dan pengembangan dapat ditentukan sesuai dengan strategi dan kondisi perusahaan. Dari hasil penelitian ini Hotel Bali Hyatt dalam mengelola SDM-nya harus mampu membedakan kontribusi tenaga kerja terhadap perusahaan, memberikan penghargaan kepada karyawan yang berhak mendapatkan, memupuk kekuatan dan mengurangi kelemahan penampilan kerja, serta menciptakan suatu iklim komunikasi yang jelas antara atasan dengan bawahan dalam hubungan kerja untuk mencapai tujuan dengan penekanan nilai inti organisasi. 
 
Kata kunci : kinerja, pelatihan, pengembangan, performance appraisal

FULL TEXT: FREE DOWNLOAD KINERJA

Comments :

0 comments to “KAJIAN TERHADAP KINERJA DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN OPERASIONAL HOTEL BALI HYATT”

Post a Comment